Air Terjun GGC

Kisah Dibalik Air Terjun GGC Tembuku Kelod Bangli

Selain indah, air terjun Goa Giri Campuhan (GGC) di Tembuku Kelod, Bangli, juga memiliki kisah unik. Menurut satu diantara penggagas GGC, I Dewa Gede

Kisah Dibalik Air Terjun GGC Tembuku Kelod Bangli
anak agung seri kusniarti
GGC - Pengambilan foto spot air terjun GGC dari dalam goa 

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUNTRAVELBALI.COM, BANGLI – Selain indah, air terjun Goa Giri Campuhan (GGC) di Tembuku Kelod, Bangli, juga memiliki kisah unik.

Menurut satu diantara penggagas GGC, I Dewa Gede Antarga, dahulu tempat ini adalah bendungan bernama DAM Giri. Namun sejak Mei 2019, telah dibuka sebagai destinasi wisata kepada umum.

“Sewaktu kami kecil, liburan kami ya ke sini,” katanya kepada Tribun Bali, beberapa waktu lalu. Kemudian ia bersama warga desa melihat potensi wisata air terjun, dari kucuran air yang terjun ke bebatuan dan tebing di sekitar GGC.

“Kemudian ada gagasan beberapa teman, untuk memanfaatkan air buangan itu. Untuk dijadikan destinasi wisata,” katanya. Ia kemudian bersama-sama menghadap bendesa adat setempat.

“Lalu bendesa adat mengumpulkan kami sebagai relawan dan melakukan terobosan. Membuat daya tarik agar GGC dilirik wisatawan,” jelasnya.

Air terjun ini, kata dia, muncul dari dalam goa, dan kelebihan air itu jatuh atau terjun ke barat menjadi air terjun.

Awalnya tak ada yang terlalu memperhatikan air terjun ini. “Pasti ada sumber mata air di atas sana, karena masuk ke atas itu pekerjaan riskan. Jadi ketika kami melihat air terjun indah ini, ya itu yang kami manfaatkan,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan Tribun Bali, Ada tiga sumber air terjun besar di GGC ini. Air terjun sebelum DAM memiliki debit air cukup besar dan jatuhnya ke sungai dengan arus sedang.

Kemudian air terjun kedua, diantara bibir DAM yang cukup tinggi, namun debit airnya tidak terlalu deras.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Anak Agung Seri Kusniarti
Editor: Anak Agung Seri Kusniarti
Sumber: Tribun Bali
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved