Destinasi

Mengenal Kampung Bandeng Dan Agrowisata Di Desa Sanggalangit, Ini Berbagai Wisata Yang Ditawarkan

Berkunjung ke daerah Desa Singgalangit yang menawarkan wisata kampung Bandeng dan agrowisata

Penulis: Karsiani Putri
Editor: Karsiani Putri
Karsiani putri
Suasana di kebun anggur yang ada di Kampung Bandeng dan Agrowisata 

 
Mengenal Kampung Bandeng Dan Agrowisata Di Desa Sanggalangit, Ini Berbagai Wisata Yang Ditawarkan 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri 

TRIBUNTRAVELBALI.COM, SINGARAJA- Pernahkah Tribunners berkunjung ke bagian utara Pulau Dewata, Bali yakni Kabupaten Buleleng? 

Tidak hanya dikenal sebagai Kota Pendidikan, Kota Singaraja, Buleleng, Bali juga dikenal dengan berbagai keindahan wisata yang dimilikinya. 

Mulai dari wisata air terjun hingga pantai dimiliki oleh kota yang memiliki maskot Tugu Singa Ambara Raja ini. 

Namun tidak hanya itu saja Tribunners, di salah satu kecamatan yakni Kecamatan Gerogak terdapat sebuah Kampung Bandeng Dan Agrowisata yang baru beberapa waktu lalu diresmikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Buleleng. 

Tepatnya pada acara Festival Budaya Kecamatan Gerokgak, pada 7 – 10 November 2019 lalu, di Desa Sanggalangit, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

Kampung Bandeng Dan Agrowisata ini pun terbilang istimewa karena menghadirkan berbagai wisata yang kaya akan edukasi. 

Ketua Muara Kambas, Petrus Rohani menyebutkan bahwa di  Kampung Bandeng Dan Agrowisata ini terdapat wisata perikanan, wisata pertanian, serta wisata alam. 

Untuk wisata perikanannya sendiri terdiri dari budidaya Bandeng yang dimana masyarakat setempat memproduksi, penggelondongan hingga melakukan pembesaran Bandeng. 

Ditempat ini pula, dihasilkan kuliner Bandeng yang disulap menjadi berbagai jenis kudapan seperti Bandeng Presto, Otak-otak, Abon Bandeng dan yang lainnya. 

Ini pun menjadi edusiwasata yang menarik bagi para tamu yang datang ke  Kampung Bandeng Dan Agrowisata yang berlokasi di Jalan Singaraja-Gilimanuk,  Desa Sanggalangit, Gerogak, Bali. 

Selain Wisata Perikanan, Wisata Pertanian di tempat ini pun sangat menarik dan mengedukasi. 

Pasalnya, Tribunners bisa melihat langsung produksi buah Jeruk, Jambu Biji hingga Anggur Hijau. 

Di tempat ini juga Tribunners akan melihat langsung kebun anggur milik salah satu perusahaan Wine terbesar di Bali yakni Hatten Wines Bali. 

Selanjutnya, akan ada Wisata Alam yang terdiri dari Buana Ecofarm yang memiliki berbagai fasilitas seperti homestay, hingga pemancingan umum. 

Lalu ada Srikandi Pool, Kios Kuliner, Taman Rekreasi Segara serta Tribunners bisa menikmati jalan lingkar desa sembari menikmati berbagai wisata yang dihadirkan di desa tersebut. 

"Untuk masuk ke Kampung Bandeng Dan Agrowisata ini tidak kami kenakan biaya karena tujuan kami bukan menjual aset jalan dan kami masing-masing di setiap wahana punya managemennya sendiri-sendiri. Relatif dan itu tergantung pengelolanya sendiri," ujar Petrus Rohani beberapa waktu lalu. 

Nantinya, ketika Tribunners memasuki Kampung Bandeng Dan Agrowisata,Tribunners akan disambut dengan luasnya hamparan kebun anggur milik Hatten Wine, kemudian dilanjutkan dengan Buana Ecofarm, Srikandi Pool, lalu dilanjutkan ke lokasi kelompok pengolahan Bandeng dan nantinya Tribunners akan sampai ke Muara Kambas. 

Petrus Rohani menuturkan bahwa kedepannya akan banyak fasilitas lainnya yang ia dan pihak lainnya akan bangun. 

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved