Sales Mission India

Kunjungi Ahmedabad, Disparda Badung Bersama BPPD Badung Gebrak Pasar India

Kabupaten Badung melalui Dinas Pariwisata dan Badan Promosi Pariwisata Daerah, atau dikenal dengan BPPD Badung kembali melakukan Sales Mission 2020 di

Kunjungi Ahmedabad, Disparda Badung Bersama BPPD Badung Gebrak Pasar India
Istimewa/Gusti Ngurah Putra
Swing - Turis saat sedang melakukan swing di Celuk Swing 

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUNTRAVELBALI.COM, DENPASAR – Kabupaten Badung melalui Dinas Pariwisata dan Badan Promosi Pariwisata Daerah, atau dikenal dengan BPPD Badung kembali melakukan Sales Mission 2020 di negara India. Yang merupakan Pra-Event Sales SATTE India 2020.

Acara table top diselenggarakan pada 7 Januari 2020 di kota Ahmedabad, merupakan lanjutan dari acara serupa yang telah diselenggarakan di Mumbai sehari sebelumnya. Setelah kedua acara di Mumbai dan Ahmedabad, delegasi Badung yang terdiri atas para Industri, perwakilan asosiasi, dan tim BPPD Badung melanjutkan perjalanan mengikuti acara tahunan SATTE India di Delhi.

“Sales mission kali ini, menargetkan India karena negara tersebut masuk dalam kategori emerging market yang memiliki potensi yang sangat besar untuk dapat berkontribusi pada pencapaian kunjungan pada tahun 2020,” jelasnya, Selasa (14/1/2020). Statistik mengindikasikan bahwa pasar India masih perlu dikembangkan agar mampu mencapai target.

Dengan demikian, BPPD Badung sangat antusias menjalankan sales mission ini sehingga meningkatkan minat wisatawan India untuk berkunjung ke Bali. “Kesuksesan sales mission ini, bergantung pada sinergi antara Dinas Pariwasata Badung, BPPD Badung, dan partner industri seperti maskapai penerbangan, agen perjalanan wisata, dan juga rekan media baik di India maupun Bali untuk memaksimalkan hasil yang diharapkan,” katanya.

Ahmedabad, kata dia, telah berkembang menjadi pusat ekonomi dan industri yang signifikan bagi India. Saat ini merupakan pusat industri terbesar kedua di daerah India barat setelah Mumbai. GDP kota Ahmedabad pada tahun 2010, diperkirakan berjumlah sekitar 65 juta dolar AS. “Di tahun yang sama, Ahmedabad menduduki peringkat ketiga dalam list of fastest growing cities of the decade oleh majalah Forbes,” katanya.

Efek liberalisasi ekonomi India, telah mendorong ekonomi kota tersebut ke aktivitas sektor tersier seperti perdagangan, komunikasi, dan konstruksi. Thai Airways beserta Thai Smile turut hadir dalam Sales Mission kali ini sebagai partner. Thai Airways mengajukan agar Thai Smile menyelenggarakan penerbangan ke Bali. Thai Airways menyatakan adanya kemungkinan untuk menambah durasi penerbangan, yaitu penerbangan kedua dari Bangkok ke Bali dan penerbangan ketiga dari Mumbai ke Bangkok, mengingat Mumbai memiliki potensi bagus sebagai destinasi MICE, incentives, bulan madu, dan pernikahan.

Saat ini Thai Airways masih melakukan studi statistik, untuk meyakinkan manajemen. Thai Airways bersedia untuk menjalin hubungan baik, dengan menyatukan Mumbai, Bangkok, dan Bali untuk membantu mempromosikan Bali. Wakil Ketua BPPD Badung, I Made Ramia Adnyana, dalam pidato pembukanya menyampaikan bahwa Badung menawarkan berbagai segmen liburan mulai dari backpackers hingga luxury holidays. Pantai berpasir putih dan bukit-bukit hijau, program intim atau pernikahan romantis, dan sebagainya.

Bahwa jumlah wisatawan India yang datang ke Bali, sebanyak 300.000 orang dan telah menjadi Top 5 Biggest market share untuk Bali dan setelah sales mission ini jumlah tersebut akan berlipat ganda untuk tahun 2020. Sales mission di Ahmedabad dihadiri oleh 85 peserta, dari berbagai kota dan negara. Delegasi Badung diwakilkan Ngakan Putu Tri Ariawan, Kepala Bidang Industri Pariwisata Disparda Badung. Ketut Ardana, Ketua ASITA Bali, dan I Made Ramia Adnyana, Wakil Ketua BPPD Badung. Kemudian Rusmini, Kepala Seksi Disparda Badung, serta Jaya Ishwari, anggota dewan BPPD.

Acara diakhiri sesi pengundian door prize untuk para peserta, yang disponsori seluruh peserta dari industri yang hadir dikombinasikan dengan tiket pesawat pulang pergi dari Thai Airways, dan kemudian dilanjutkan dengan foto bersama. Setelah melakukan Sales Mission di Mumbai dan Ahmedabad, akan dilanjutkan dengan acara Satte India 2020 yang diselenggarakan di kota Greater Noida yang terletak di daerah Delhi. “Satte India tahun ini merupakan edisi ke-27 dari acara tersebut, dan direncanakan akan dihadiri oleh sekitar 1.050 peserta pameran dan pakar perjalanan wisata dari 50 negara dan 104 kota di India,” sebutnya. (ask)

Ikuti kami di
Penulis: Anak Agung Seri Kusniarti
Editor: Anak Agung Seri Kusniarti
Sumber: Tribun Bali
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved