ArtBali

Wow, 9.000 Pengunjung Datangi Pameran Art Bali  di Nusa Dua

Setelah tiga bulan penyelenggaran pameran seni rupa kontemporer ART Bali 2019. Pameran bertajuk “Speculative Memories” ini, sukses dan resmi berakhir

Wow, 9.000 Pengunjung Datangi Pameran Art Bali  di Nusa Dua
Istimewa/ArtBali
Suasana saat pengunjung sedang melihat-lihat pameran di ArtBali, Nusa Dua, Badung, Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUNTRAVELBALI.COM, BADUNG - Setelah tiga bulan penyelenggaran pameran seni rupa kontemporer ART Bali 2019. Pameran bertajuk “Speculative Memories” ini, sukses dan resmi berakhir pada 13 Januari 2020. 

Lebih dari 9.000 pengunjung, telah hadir mengapresiasi pameran tahunan berlokasi di AB•BC Building, ITDC, Nusa Dua, Badung, Bali ini. Sebagian besar terdiri dari masyarakat lokal, sementara 30 persen pengunjung lainnya berasal dari mancanegara.

Art Bali juga beberapa kali menerima kunjungan dari pelajar berbagai usia, baik dari Bali maupun luar Bali. Selama program Exhibition Tour, pameran juga dihadiri oleh teman-teman tuli dan difabel (tunanetra) dari sejumlah komunitas di Bali. 

Kegiatan ini, bagian dari pengembangan yang dilakukan oleh penyelenggara untuk menjadikan seni kian inklusif, dan selaras dengan salah satu misi Art Bali yakni bridging people and art. 

"Pengunjung kini lebih beragam dan dari kalangan yang lebih luas, tidak hanya dari kalangan seni saja,” ujar I Made Aswino Aji, Co-Founder Art Bali, kepada Tribun Bali, Minggu (19/01/2020).

Selain menghadirkan karya-karya seni visual dari 32 seniman Indonesia, dan mancanegara. ArtBali edisi kedua ini juga menggelar program edukasi dan kolaborasi. 

Salah satunya adalah project baru bernama Little Stockroom yang membuka ruang bagi seniman dan desainer, untuk berkolaborasi dan menciptakan karya-karya desain, produk fashion, dan karya seni lainnya sebagai buah tangan (merchandise). 

Little Stockroom disambut dengan antusias baik oleh para pekarya, yang terlibat maupun pengunjung Art Bali.

Selama Art Bali berlangsung, diselenggarakan pula sejumlah diskusi dan pemutaran film. Kemudian menjelang penutupan pameran pada 12 Januari 2020, diadakan diskusi bersama Wilko Austermann. Kurator seni asal Jerman, mempresentasikan sejumlah pameran. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Anak Agung Seri Kusniarti
Editor: Anak Agung Seri Kusniarti
Sumber: Tribun Bali
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved