IHGMA Bali

Optimalisasi Peran DPD IHGMA Bali Dalam Pembangunan Pariwisata di Bali

Bali sebagai destinasi pariwisata dunia saat ini, semakin serius berbenah menuju pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Optimalisasi Peran DPD IHGMA Bali Dalam Pembangunan Pariwisata di Bali
anak agung seri kusniarti
Suasana pertemuan IHGMA Bali beserta para GM member dan stakeholder lainnya di Kuta Badung 

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUNTRAVELBALI.COM, BADUNG –  Bali sebagai destinasi pariwisata dunia saat ini, semakin serius berbenah menuju pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Peningkatan berbagai aspek tangible, berupa piranti keras mulai dari kualitas produk sampai infrastruktur terus dilakukan.

Begitu juga dari aspek intangible, berupa pemuktahiran piranti lunak yang tidak terbatas pada penyelarasan peraturan daerah saja, tapi juga sejalan dengan semangat omnibus law untuk membakukan tatakelola penyelenggaraan kepariwisataan Bali.

“Keterbukaan pemerintah provinsi dalam menerima berbagai masukan dari pemangku kepentingan (stakeholder), menunjukkan bahwa pemerintah sangat serius meningkatkan kuantitas pariwisata berkelanjutan. Dengan memberikan produk berkualitas, sejalan dengan program pemerintah Provinsi Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” yang mempertimbangkan daya dukung pulau Bali,” ujar Nyoman Astama, Chairman IHGMA Bali Chapter, Senin (3/2/2020) di Kuta, Badung.

Produk berkualitas juga diimbangi, dengan pemberian pelayanan berstandar internasional yang dipadukan dengan keramahan talenta lokal.

Bali yang mengembangkan pariwisata berbasis budaya, kata dia, menyadari pentingnya menjaga kelangsungan budaya Bali yang dilakukan secara tulus oleh orang yang peduli terhadap Bali apabila ingin pariwisata ini berkelanjutan.

Disadari pula bahwa keberadaan pariwisata, harus dapat dirasakan manfaatannya oleh masyarakat setempat dan dapat meningkatkan drajat hidup masyarakat Bali.

Pariwisata berkualitas, juga termasuk namun tidak terbatas pada bertambahnya masa lama tinggal para turis, meningkatnya konsumsi dan pengeluaran turis, termasuk pula turis yang datang berulang-ulang. Serta turis yang menghargai budaya dan talenta lokal serta mendukung pelestarian lingkungan. 

“Seluruh stakeholder kepariwisataan di Bali, bekerja keras meningkatkan kualitas destinasi sesuai bidangnya, baik pemerintah, pelaku bisnis, akademisi, swasta dan masyarakatnya, tak terkecuali peran asosiasi profesi para General Manager hotel yaitu Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Bali Chapter,” katanya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Anak Agung Seri Kusniarti
Editor: Anak Agung Seri Kusniarti
Sumber: Tribun Bali
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved