Gipi Bali

Gus Agung Tegaskan Pariwisata Harus Berorientasi Devisa 

Ketua Bali Tourism Board (BTB), Ida Bagus Agung Partha Adnyana, mengatakan bahwa ia cukup lelah membahas Corona dalam beberapa waktu ini. Walau ia m

Gus Agung Tegaskan Pariwisata Harus Berorientasi Devisa 
anak agung seri kusniarti
Gus Agung saat menjelaskan mengenai sustainable tourism di BTB 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Anak Agung Seri Kusniarti 

TRIBUNTRAVELBALI.COM, DENPASAR - Ketua Bali Tourism Board (BTB), Ida Bagus Agung Partha Adnyana, mengatakan bahwa ia cukup lelah membahas Corona dalam beberapa waktu ini. 

Walau ia mengakui dampak merebaknya virus ini, cukup memukul pariwisata Bali. Namun bagi pria yang akrab disapa Gus Agung ini, insan pariwisata dan pelaku serta stakeholder harus move on mencari strategi solusi mengatasi hal ini. 

"Untuk itu kita perlu membahas sustainable tourism dan pariwisata berkualitas. Saya juga capek bahas Corona," katanya di gedung BTB, disambut gelak tawa peserta, Senin (9/3/2020). Hasil pertemuan dengan pemerintah dan stakeholder di Bali, akan disampaikan ke pemerintah khususnya Kemenparekraf.

Apalagi saat ini pemerintah sedang memfokuskan pada devisa bukan kuantitas semata. "Kita juga harus melihat, dampak over tourism pada Bali," katanya. Ada berbagai dampak, baik sosial budaya, lingkungan, hingga ekonomi. Semisal dampak sampah plastik, kemudian banyaknya budaya yang dikomersilkan dan terjadi kebocoran ekonomi. 

"Kemudian pariwisata ramai,tapi kita malah lebih banyak impor," katanya. Kelangkaan air bersih juga sudah bicara dengan dinas terkait. Mengingat air di Bali cukup, namun sumber serapan untuk menangkap air ini yang kurang. Untuk itu ke depan, kata dia, harus tetap konsen pada grand design Bali dan mendistribusikan wisatawan mancanegara sesuai zonasi masing-masing. 

"Semisal alam dan konservasi di Bali Utara, sementara untuk destinasi budaya dan spiritual ke Karangasem, Badung dengan akomodasi, lalu kami juga menargetkan destinasi kreatif pada 2025 nanti," jelasnya.(ask)

Ikuti kami di
Penulis: Anak Agung Seri Kusniarti
Editor: Anak Agung Seri Kusniarti
Sumber: Tribun Bali
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved