Penerbangan AirAsia

Airasia : Ini 10 Langkah Mudah Pindahkan Penerbangan yang Dibatalkan

AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ), telah menghentikan untuk sementara semua penerbangan domestik dan internasional mulai kemarin. Penerbangan r

Istimewa/AirAsia
Pose - (Ke-10 dari kiri) Presiden Airbus Asia-Pacific Patrick de Castelbajac, Chief Commercial Officer Airbus Christian Scherer, CEO AirAsia Group Tony Fernandes, Menteri Pariwisata, Seni dan Budaya Malaysia YB Datuk Mohamaddin Bin Ketapi, dan jajaran manajemen AirAsia Group beserta awak kabin AirAsia berfoto bersama di depan pesawat Airbus A321neo AirAsia pertama. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUNTRAVELBALI.COM, DENPASAR – AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ), telah menghentikan untuk sementara semua penerbangan domestik dan internasional mulai kemarin.

Penerbangan rute domestik dihentikan sementara hingga 21 April 2020, rute internasional dihentikan sementara hingga 17 Mei 2020.

AirAsia Indonesia telah menyampaikan informasi pembatalan, kepada seluruh calon penumpang melalui email dan SMS yang terdaftar saat pembelian tiket. 

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga, mengatakan penghentian penerbangan sementara ini, tentunya merupakan langkah sangat sulit.

“Namun kami percaya, ini yang terbaik dilakukan di tengah situasi perkembangan COVID-19 saat ini. Kami berharap langkah ini dapat membantu upaya pemerintah untuk membatasi pergerakan orang untuk sementara sehingga mengurangi tingkat penyebarannya di tanah air,” katanya dalam siaran pers yang diterima Tribun Bali, Kamis (2/4/2020).

Pihaknya memohon maaf dan berterima kasih kepada puluhan ribu calon penumpang, yang penerbangannya terdampak. “Atas pengertian dan kerjasamanya terhadap upaya ini. Kami berkomitmen memudahkan proses pengubahan jadwal penerbangan sampai dengan 31 Oktober 2020 sehingga dapat membantu masyarakat untuk #dirumahaja untuk sementara demi kebaikan bersama,” katanya.

Bagi penumpang yang telah memesan tiket melalui airasia.com atau aplikasi AirAsia, kemudian penerbangannya dibatalkan oleh AirAsia sehubungan dengan COVID-19. “Maka silakan mengikuti sepuluh langkah mudah untuk mengajukan pengubahan jadwal melalui fasilitas layanan pelanggan virtual AVA,” katanya.

Untuk memastikan apakah penerbangan termasuk yang dibatalkan, bisa diperiksa kotak masuk atau spam email Anda, dan cari email dari indo_preflight_noreply@flight.airasia.com atau email AirAsia lainnya. 

“Jika anda memesan melalui layanan group booking, agen perjalanan, online travel agent, atau pihak ketiga lainnya, silakan hubungi pihak pemesan untuk membantu anda,” katanya. 

Sebelum mengajukan pindah jadwal di AVA, pihaknya menyarankan untuk mencatat beberapa hal terlebih dahulu.

Diantaranya, nomor pemesanan atau kode booking, yaitu 6 digit huruf dan/ atau angka yang tertera di tiket, misalnya DXGH6J.

Jadwal penerbangan yang tertera di tiket yaitu nomor penerbangan, asal, tujuan, tanggal keberangkatan.

“Nama lengkap penumpang, pastikan nama depan dan nama belakang persis sebagaimana yang tertulis di tiket,” katanya.

Jadwal penerbangan pergi dan pulang yang diinginkan, yaitu nomor penerbangan dan tanggal penerbangan, misalnya QZ234 tanggal 31 Agustus 2020.

“Pastikan jadwal penerbangan yang anda inginkan tersedia dengan mengecek,di airasia.com,” sebutnya.

Email yang digunakan pada saat pemesanan tiket dan nomor telepon milik sendiri yang bisa dihubungi.

“Anda juga diharapkan memperhatikan beberapa hal,” imbuhnya. Ubah jadwal dapat dilakukan hingga 48 jam sebelum jadwal penerbangan baru. “Jika penerbangan anda dibatalkan karena COVID-19, meskipun penerbangan yang dibatalkan telah lewat, anda masih bisa mengajukan pengubahan jadwal melalui AVA,” katanya.

Ubah jadwal bebas biaya dan dapat dilakukan lebih dari sekali, bergantung pada ketersediaan kursi.

Percakapan di AVA bersifat berkesinambungan, dan dapat terputus jika koneksi internet terganggu atau halaman percakapan dimuat ulang (refresh). 

Sumber: Tribun Bali

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved