Pelabuhan Benoa

Ikuti Arahan Menhub, Tak Ada Cruise Hingga Kapal Penumpang Sandar di Pelabuhan Benoa

Setelah adanya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020, tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka

Ikuti Arahan Menhub, Tak Ada Cruise Hingga Kapal Penumpang Sandar di Pelabuhan Benoa
Istimewa/Doc Pelabuhan Benoa
Cruise sandar di Pelabuhan Benoa 

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUNTRAVELBALI.COM, DENPASAR – Setelah adanya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020, tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Tak ada satupun kapal pesiar (cruise) hingga kapal penumpang yang sandar di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali. I Wayan Eka Saputra, CEO Pelindo III Regional Banyuwangi, Bali, Nusa Tenggara, menegaskan hal tersebut.

“Dampak pandemi COVID-19 ini memang luar biasa, penumpang sudah tidak ada yang melalui Pelabuhan Benoa sudah sejak diberlakukan aturan sesuai arahan Menhub,” tegasnya pada Tribun Bali, Senin (27/4/2020).

Lanjutnya, per April ini 2020 tidak ada sama sekali yang sandar di Pelabuhan Benoa. “Tentunya kami ikuti arahan pemerintah,”imbuhnya. Sejatinya, sejak Februari telah banyak cruise yang cancel sandar di Pelabuhan Benoa karena meluasnya pandemi Corona.

“Tentu ada lost dari segi bisnis, sebab pendapatan pelabuhan hilang dari kapal penumpang dan cruise,” sebutnya. Hanya saja, ia tak bisa memastikan berapa kehilangan tersebut karena belum dihitung kalkulasinya.

Kehilangan tersebut, baik dari jasa sandar kapal, hingga pendapatan dari penumpang kapal. Dan pendapatan lain-lainnya, yang kini tak ada.

Walau demikian, sesuai arahan dari pusat, Pelindo III Cabang Benoa tetap memaksimalkan kesiapan pelabuhan. Sebab kapal barang atau logistik masih beroperasi. “Artinya Pelabuhan Benoa selalu siap melayani,” tegasnya.

Tentunya dengan mengedepankan arahan social distancing, penggunaan masker, desinfektan,  dan menyediakan alat cuci tangan di Pelabuhan Benoa. Sehingga semua terhindar dari COVID-19.

Harapan Pelindo, kata dia, semoga ini cepat berakhir sehingga perekonomian bisa kembali bergerak, karena fungsi dan peran pelabuhan adalah mendukung kegiatan masyarakat. Termasuk cruise kembali beroperasi dan masyarakat Bali kembali sejahtera. (ask)

Ikuti kami di
Penulis: Anak Agung Seri Kusniarti
Editor: Anak Agung Seri Kusniarti
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved