Safety Riding

Pentingnya Istirahat, Ini Tips Safety Riding Bagi Pengendara dan Traveller

Selama ini banyak kejadian, khususnya kecelakaan di jalan karena pengendara sepeda motor dan traveller mengabaika safety riding.

Pentingnya Istirahat, Ini Tips Safety Riding Bagi Pengendara dan Traveller
Istimewa
Suasana gathering online 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Anak Agung Seri Kusniarti

TRIBUNTRAVELBALI.COM, DENPASAR - Selama ini banyak kejadian, khususnya kecelakaan di jalan  karena pengendara sepeda motor dan traveller mengabaikan safety riding. Satu diantaranya kecukupan istirahat sebelum dan selama berkendara. 

Ilmu seputar safety riding, menjadi topik perbincangan hangat selama gathering melalui media digital. Antara media, blogger, yang dipandu team Corporate Communication (Corcom) Astra Motor Bali.

Sharing edukasi safety riding, berlangsung Jumat 15 Mei 2020 sekitar pukul 18.00 Wita. Dalam pertemuan via online, menggunakan aplikasi Zoom ini, team Safety Riding Astra Motor Bali sebagai narasumber menjelaskan tentang bagaimana menjaga focus terutama mata saat berkendara khususnya di musim pandemic ini.

Dalam pemaparannya, Yoseph Klaudius, Instruktur Safety Riding Astra Motor Bali, kepada para media dan blogger, menjelaskan banyak hal. 

"Dalam berkendara di jalan yang lengang, seperti kondisi saat ini, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian yaitu fungsi mata dan pendengaran," jelasnya. 

Fokus pada fungsi mata saat berkendara, sangat penting untuk melihat kondisi jalan, melihat arah yang dituju, dan melihat kendaraan di segala arah. 

Mata dapat memberikan informasi secara akurat saat di bawah kecepatan 40 Km/hour. Dalam kesempatan itu, Yoyo, sapaan akrabnya, juga menjelaskan pentingnya melengkapi diri dengan alat pengaman seperti helm, jaket dan sarung tangan saat berkendara. 

Selain itu, fungsi pendengaran juga penting agar pengendara tetap fokus pada keselamatan di jalan raya. Untuk itu, tidak disarankan baik pengendara dalam jarak dekat, bahkan traveller yang biasa bepergian jauh menggunakan headset. 

Sebab suara klakson, dan suara lainnya tidak akan terdengar saat mengendarai sepeda motor. Hal ini juga mengurangi konsentrasi pengendara saat naik sepeda motor. Yoyo, mengingatkan semua fungsi baik mata dan pendengaran juga tidak akan optimal, apabila seseorang dalam kondisi lelah. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Anak Agung Seri Kusniarti
Editor: Anak Agung Seri Kusniarti
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved