Tukad Bengawan

Indahnya Tukad Bengawan di Manggis Karangasem

Tukad Bengawan, sejatinya adalah loloan atau aliran sungai yang langsung menuju ke laut. Tepatnya menyatu dengan Pantai Manggis. Namun saat air surut

Indahnya Tukad Bengawan di Manggis Karangasem
Anak Agung Seri Kusniarti
Seorang turis lokal berpose di Tukad Bengawan 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Anak Agung Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Tak ada habis-habisnya berbicara tentang alam Bali. Alam Pulau Dewata, yang walau pulaunya kecil tapi keindahannya luar biasa. 

Satu diantaranya, sebuah destinasi alam di wilayah Kecamatan Manggis, Karangasem, Bali. Orang sekitaran menyebutnya Tukad Bengawan. Terletak di Desa Buitan, lokasi tukad atau sungai ini dekat dengan pantai. 

Tukad Bengawan, sejatinya adalah loloan atau aliran sungai yang langsung menuju ke laut. Tepatnya menyatu dengan Pantai Manggis. Namun saat air surut, ada bebatuan yang memisahkan pantai dan sungai ini. 

Membuat seolah-olah sungai ini adalah sebuah danau nan indah, dengan panorama Gunung Agung di sebelah kanannya. Airnya terlihat hijau namun bening. Ikannya pun terlihat berenang beraneka ragam. Kedalamannya dari mata kaki hingga satu-dua meteran. 

"Anak-anak nelayan setempat kerap berenang di sini, mereka berenang jauh dan berlomba," ujar penduduk setempat, bernama Gus Bengkuk, kepada Tribun Bali, Sabtu (13/6/2020). Bahkan kini, sungai ini mulai hits di kalangan traveller dan para pencari spot menarik. 

Gus Bengkuk, mengatakan banyak anak muda yang berpose bahkan syuting di lokasi tersebut. Hijaunya rerimbunan membuat lokasi ini sangat indah, dijadikan spot foto yang instagramable. Tak disangka viral di media sosial. 

"Namanya itu diberikan anak-anak sekitar sini saja," ujarnya. Terlihat banyak kaula muda berdatangan satu-persatu, dengan tetap mengenakan masker karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Mereka mempersiapkan kamera, bahkan kostum yang menarik sebelum mengabadikan jepretannya. 

Ikan kecil ikut menari menyambut tamu yang datang. Lokasi ini tak jauh dari pinggir jalan raya, setelah Amankila Villa. Dekat dengan pura, pengunjung hanya perlu memarkir motor dan berjalan sedikit ke arah timur. Sungai ini adalah terusan dari Air Terjun Yamuna. Jadi dalam satu wilayah bisa dapat beberapa destinasi. (ask)

Ikuti kami di
Penulis: Anak Agung Seri Kusniarti
Editor: Anak Agung Seri Kusniarti
Sumber: Tribun Bali
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved