Hipmi

Hipmi Gebrak dan Kumpul Bersama Gairahkan Pariwisata Bali

Ketua Hipmi Bali, Pande Agus Permana Widura, sangat mengapresiasi atas berkumpulnya 12 BPD Hipmi dari seluruh Indonesia di Bali. Dalam pembahasan bebe

anak agung seri kusniarti
Hipmi Bali dan perwakilan Hipmi pusat saat wawancara dengan media di Denpasar. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Ketua Hipmi Bali, Pande Agus Permana Widura, sangat mengapresiasi atas berkumpulnya 12 BPD Hipmi dari seluruh Indonesia di Bali. Dalam pembahasan beberapa agenda, tujuan berkumpulnya BPD Hipmi ini adalah untuk menunjukkan bahwa Bali telah siap. Harapannya, wisatawan domestik (wisdom) mau datang ke Bali sebelum nantinya Bali siap dibuka untuk wisatawan mancanegara (wisman).

“Ini langkah luar biasa BPP Hipmi, telah memilih Bali sebagai lokasi untuk melakukan rapat koordinasi. Ini sesuai arahan Gubernur Bali untuk meningkatkan pariwisata di Bali, apalagi 80 persen penduduk di Bali sangat erat kaitannya dengan pariwisata, sehingga jalan keluar saat ini adalah dengan menggalakkan pariwisata,” jelasnya, Jumat (7/8/2020) malam.

Apalagi memang pengaruh pandemi Covid1-19 ini, sangat memukul Bali. Sebab data BI menunjukkan, Bali menjadi daerah paling terjun ekonominya dibandingkan wilayah lain. “Kami sebagai Hipmi, pejuang pengusaha melakukan yang terbaik untuk perekonomian di Indonesia,” katanya. Pande, sapaan akrabnya, menjelaskan ada yang sampai zero income di Bali setelah pandemi ini melanda. Khususnya bisnis di bidang perhotelan.

Sehingga Hipmi terus bergerak, untuk ikut berkontribusi menggerakkan ekonomi di Bali khususnya, dan Indonesia pada umumnya. Harapannya ke depan, Hipmi pusat bisa kembali menunjuk Bali sebagai tuan rumah dalam acara Hipmi seperti rakernas. Sehingga mampu memulihkan kepercayaan diri pengusaha di Bali, apalagi yang dalam posisi terpuruk. Ia berharap member Hipmi di Bali dan Indonesia, mampu melakukan inovasi dan bertahan dalam situasi sulit ini.

Ketua OKK BPP Hipmi, Rohalim Boy Sangadji, mengamini hal ini. “Kami jadikan BPD Hipmi Bali sebagai tuan rumah, karena Bali sudah menyelesaikan pelaksaan musda secara virtual dalam situasi Covid-19 ini. Nah karena sudah selesai musda, kemudian harus ada pelantikan dalam rangka memastikan proses konsolidasi organisasi tetap berjalan dengan baik,” ujarnya.  Oleh karena itu, pihaknya juga mengundang beberapa BPD Hipmi dari wilayah lain.  Membahas terkait konsolidasi organisasi dalam hal ini pelantikan dan tahapan musda.

Ia pun menegaskan semuanya dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Ini juga menunjukkan bahwa Bali telah dibuka, dan siap menerima turis kembali walau saat ini masih sebatas turis domestik. BPD Hipmi yang hadir pun, kata dia, ada dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, NTT, NTB, hingga Papua. “Saya mengapresiasi perjuangan BPD Hipmi Bali, prinsipnya dalam menghadapi situasi ekonomi sulit ini memang harus berjuang tidak bisa tinggal diam,” tegasnya. Apalagi sejak awal Maret 2020, semua pengusaha member Hipmi mulai merasakan dampak pandemi Covid-19.

Terutama dari sektor UMKM, jasa perhotelan, dan pariwisata yang mengalami kontraksi luar biasa. Ia berharap, pengusaha member Hipmi diberikan relaksasi kemudahan dari perbankan, dalam memastikan usaha bisa survive. Sebab dampak pandemi ini sangat dirasakan, seluruh Indonesia. Khususnya Bali yang selama ini menjadi barometer Indonesia dalam hal pariwisata. Namun belakangan terpuruk cukup dalam karena tak ada turis yang datang, akibat pembatasan di dalam dan luar negeri.

“Untuk itu, Hipmi memilih Bali sebagai tuan rumah, harapannya menjadi contoh bagi turis lokal dan domestik agar bisa membantu menggerakkan pariwisata dan datang kembali ke Bali,” katanya. Ia melihat peluang dari turis asing belum ada, karena masih banyak negara yang melakukan pembatasan. Sementara dari turis domestik, lebih mampu memberikan peluang membangkitkan pariwisata. “Tentunya dengan kami datang, kamar hotel terisi, belanja dan lain sebagainya. Kalau bisa Rp 20 juta sampai Rp 30 juta lah per orang,” ujarnya. (ask)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved