The Hub Bali

Seniman Bali Kreasikan Mural di The Hub Bali

The Hub Bali, memberikan ruang apresiasi bagi para seniman pelukis di Bali. Dengan memberikan tempat menggambar mural, di dinding The Hub Bali. Ada se

anak agung seri kusniarti
Para seniman yang akan mural di The Hub Bali 

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – The Hub Bali, memberikan ruang apresiasi bagi para seniman pelukis di Bali. Dengan memberikan tempat menggambar mural, di dinding The Hub Bali. Ada sekitar 12-14 pelukis, yang dikomandoi Made Wiradana. Konsepnya bebas, sesuai dengan inspirasi dari masing-masing seniman. “Ada beberapa teman yang bikin konsepnya tokoh musik dunia, dan ada juga yang mau melukis karakternya sendiri,” jelas Made Wiradana, Jumat (14/8/2020) malam.

Wiradana berharap, banyak ruang yang diberikan kepada perupa Bali seperti yang dilakukan The Hub Bali. Sehingga dunia tahu, hasil karya seniman pelukis asli Bali yang memiliki karakter dan keunikan tersendiri. Hal serupa juga diungkapkan I.B Purwa. Baginya, menggambar mural tokoh-tokoh dunia sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat di era modern ini melalui karya seni. “Jadi yang awalnya ke The Hub cuma makan, bisa lebih tahu dan mengenal siapa tokoh di dalam gambar itu,” jelasnya.

Tak hanya tokoh dunia, mural dalam visualisasi diri masing-masing seniman juga akan dituangkan dalam karya di The Hub Bali ini. “Pemikiran dengan style mereka sendiri dituangkan. Jadi itu memberikan keberagaman dan keunikan di sepanjang tembok The Hub,” katanya. Sketsa awal pun dilakukan oleh masing-masing seniman, dan rencana akan rampung dalam tiga hari. Secara umum konsepnya, tokoh dunia diselingi karakter masing-masing pelukis.

“Dalam berjalannya proses ini, akan ada konsep-konsep tertentu. Misalnya kemerdekaan sesuai dengan bulan Agustus ini,” imbuhnya. Dan dimasukkan spirit perjuangan, kemerdekaan, kebebasan, menurut masing-masing individu. Sebab, perupa yang melakukan mural ini datang dari berbagai generasi. Sehingga otomatis akan memberi warna tersendiri dari masing-pmasing seniman dengan masanya.

Putu Bonuz, menambahkan utamanya mural ini juga menonjolkan figur tokoh seni rupa dunia. “Itu salah satu yang ingin kami memperkenalkan, tokoh seni rupa dunia. Bagaimana bentuk wajahnya, dan beberapa seniman akan menciptakan karya dengan gayanya masing-masing,” katanya. Ia mengatakan, mural kian berkembang di Bali dan diterima masyarakat dengan baik. Untuk itu, mural menarik dieksplore di dinding ketimbang dicoret biasa saja.

Uniknya, banyak perupa yang menggambar di The Hub ini, adalah pelukis kanvas. “Jadi kita tidak bisa menebak hasilnya nanti bagaimana, kami biarkan proses itu terjadi secara alami,” jelasnya. Salah satu Owner The Hub Bali, Wirawan, mengatakan mural ini adalah kolaborasi apik antara The Hub Bali dengan para seniman asli Pulau Dewata.  “Kami ingin memberikan ruang kepada seniman lokal untuk mengeluarkan ekspresinya,” tegas pria yang akrab disapa Wewe ini. Apalagi banyak keunikan dari hasil karya seniman lokal Bali, yang perlu diketahui dunia. Hal ini juga mampu menarik perhatian pengunjung apalagi pecinta seni. (ask)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved