QRIS di Bali

Asik! Naik Bus Trans Sarbagita Bisa Pakai QRIS Lho!

Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali, terus menggeber penggunaan QRIS. Kali ini bersama Dinas Perhubungan Provinsi Bali, mengajak masyarakat menggunakan

anak agung seri kusniarti
Suasana saat percobaan QRIS dengan Bus Trans Sarbagita 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Anak Agung Seri Kusniarti
TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali, terus menggeber penggunaan QRIS. Kali ini bersama Dinas Perhubungan Provinsi Bali, mengajak masyarakat menggunakan QRIS pada transportasi umum bus Trans Sarbagita.

Acara resminya QRIS di Trans Sarbagita ini dimulai di halte Sudirman, pada Kamis (3/9/2020). Sebanyak 10 armada bus Sarbagita, kemudian dilengkapi alat pembayaran nontunai yaitu melalui QR Code Indonesian Standard (QRIS) Bank BPD Bali.

QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code yang diciptakan Bank Indonesia. Direktur Utama Bank BPD Bali, Nyoman Sudharma, mengajak masyarakat naik bus Sarbagita menggunakan QRIS.
Sehingga walaupun di transportasi umum, kebersihan tetap terjaga dan menghindari kontak fisik di masa pandemi ini. Dengan memanfaatkan layanan digital atau QRIS Bank BPD Bali, transaksi juga menjadi mudah dan cepat.

"Saya ucapkan terimakasih pada Dinas Perhubungan Bali yang mendukung Bank BPD memberikan transaksi sehat. Seluruh pengguna bus Sarbagita bisa menggunakan transportasi dan transaksi ini secara sehat dan cepat," ujar Sudharma, saat meresmikan QRIS BPD Bali di halte Sudirman, Denpasar.
Penggunaan QRIS, atau transaksi non tunai di bus Sarbagita melalui QRIS BPD Bali ini, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Gubernur Nomor 3355 mengenai Protokol Tatanan Kehidupan era Baru. Pada SE tersebut ada 14 sektor yang melakukan tatanan kehidupan era baru termasuk layanan non tunai.

"Kami Bank BPD Bali hadir di Trans Sarbagita ini khususnya untuk mendukung program transportasi yang sehat dan aman," imbuh Sudharma. Digitalisasi ini juga membuat transaksi lebih pas dan transparan. Bahkan penumpang dengan QRIS dari bank lain pun, juga bisa bertransaksi di bus Sarbagita menggunakan merchant QRIS BPD Bali.

"Kami berharap ke depan masyarakat bisa menggunakan transaksi non tunai ini karena sehat dan aman. Mulai hari ini QRIS ada di Sarbagita," tegasnya. BPD Bali, akan terus meggenjot layanan transaksi QRIS di tempat-tempat wisata dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Serta mendorong semua lapisan masyarakat menggunakan transportasi yang nyaman cepat, mudah dan andal. "Kami mengharapkan masyarakat menggunakan layanan Bank BPD Bali melalui mobile banking karena di dalam mobile banking BPD Bali semua transaksi dalam genggaman," ujarnya.
Sampai 18 Agustus 2020, jumlah merchant QRIS Bank BPD Bali telah mencapai 6.821 merchant aktif, dan terus akan bertambah seiring meningkatnya kesadaran masyarakat serta pelaku usaha akan pentingnya digitalisasi transaksi menuju tatanan kehidupan era baru.

Adapun pengguna mobile banking Bank BPD Bali pada saat ini mencapai 88.713 pengguna aktif. "Semoga produk, dan jasa layanan perbankan yang kami persembahkan kepada nasabah dapat memberikan kenyamanan dan juga meningkatkan kepercayaan kepada Bank BPD Bali,” ujar I Nyoman Sudharma.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, menyebutkan jumlah merchant QRIS di Bali per 28 Agustus 2020 mencapai 123.982. "Hal ini sangat menggembirakan karena terus meningkat melampaui target kami," jelasnya. Ia pun melihat kesadaran masyarakat pentingnya penggunaan QRIS pada masa pandemi Covid-19 ini.
Berdasarkan data, wilayah dengan merchant terbanyak adalah Kota Denpasar dengan 61.117 merchant.

Disusul Kabupaten Badung dengan 33.339 merchant. Ranking tiga dengan 9.779 merchant adalah wilayah Gianyar. Kemudian Buleleng sebanyak 7.785 merchant. Serta Tabanan 5.099 merchant. Wilayah lainnya juga di atas 1.000 merchant. "Selama pandemi Covid-19, penambahan merchant QRIS ini sampai 95 persen dari Maret-Agustus 2020," sebutnya. Sementara jika dilihat sejak awal tahun 2020, penambahan merchant mencapai 387 persen.(ask)

Caption : ask/Saat percobaan QRIS di Bus Trans Sarbagita

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved