Air Terjun Uma Anyar

Air Terjun Ganda di Uma Anyar Kemenuh

Tak hanya dikenal sebagai wilayah seni, ternyata Kota Gianyar menyimpan banyak destinasi alam nan indah yang masih asri. Satu diantaranya, adalah Uma

anak agung seri kusniarti
Berpose di Uma Anyar Waterfall, Kemenuh, Gianyar. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Tak hanya dikenal sebagai wilayah seni, ternyata Kota Gianyar menyimpan banyak destinasi alam nan indah yang masih asri. Satu diantaranya, adalah Uma Anyar waterfall.

Air terjun ini, terletak di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali. Tak jauh dari Denpasar, air terjun ini bisa diakses cukup mudah. Mengingat akses jalan raya yang cukup lebar menuju ke air terjun.

Destinasi air terjun ini terbilang cukup baru, dibuka untuk wisata. Sementara warga sekitar telah sejak lama mandi di sungai yang ada di bawahnya. 

Belum ada retribusi masuk, hanya pengunjung dikenakan biaya donasi atau dana punia seikhlasnya. Kotak donasi berada di pintu masuk gang, dan  dana donasi digunakan untuk pembangunan berkelanjutan dari destinasi wisata ini.

Air terjun yang ditawarkan cukup unik, karena terdiri dari dua air terjun dengan ketinggian sekitar dua meter. 

Terkadang ada turis yang melakukan tubbing di sungai, dan dibantu oleh pemandu wisata atau warga setempat. Namun jika tidak bisa berenang, dan tidak ada pengawasan disarankan agar tidak melompat ke sungai, karena ada beberapa bagian sungai yang cukup dalam. 

Ada pula pancuran tempat mandi, dan membasuh diri usai bermain di air terjun. Dan warga juga sudah menyiapkan ruang ganti yang cukup unik. Hanya saja, disarankan dalam kondisi pandemi ini tetap menggunakan masker saat berkunjung. Serta tetap menjaga jarak satu sama lain, agar terhindar dari penularan dan penyebaran virus Covid-19. (ask)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved