Tiket

Tiket.com dan Bracha Villas Tawarkan Harga Menarik Selama Pandemi

Dampak pandemi Covid-19, yang kian meluas memukul ekonomi seluruh dunia. Satu diantaranya, adalah Bali dengan dampak pariwisata yang cukup signifikan.

anak agung seri kusniarti
Suasana saat turis domestik melakukan check-in di Bracha Villa Seminyak 

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG – Dampak pandemi Covid-19, yang kian meluas memukul ekonomi seluruh dunia. Satu diantaranya, adalah Bali dengan dampak pariwisata yang cukup signifikan. Hal ini pun turut dirasakan Bracha Villas, di wilayah Braban, Seminyak, Badung.

Ika Hari Lestari, Sales Manager Bracha Villas, mengakui pandemi memukul bisnis villanya. “Sebelum pandemi, okupansi kami itu 90 persen. Sejak Maret 2020, okupansi 10 persen saja kami sudah bersyukur,” sebutnya, di Badung, Jumat (2/10/2020).

Demi tetap survive di tengah ketidakpastian ekonomi global, dan sepinya turis asing. Bracha Villas dan Tiket.com bekerjasama memberikan promo menarik. Ika, sapaan akrabnya, menjelaskan di Bracha Villas ada 15 villa, terdiri dari 10 one bed room, 4 two bed room, dan 1 three bed room.

“Semuanya privat pool, karena memang konsep villa ini privat,” jelasnya. Selama ini, 90 persen tamunya adalah wisatawan mancanegara dan 10 persen adalah wisatawan domestik. “Australia mendominasi 70 persen, sisanya Asia, seperti Singapura dan lain sebagainya,” sebutnya. 

Jika sebelum pandemi, harga kamar mulai dari 2,5 juta sampai 4,5 juta per hari. Kini harga kamarnya dibanderol hanya mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 2 juta per malam. “Pesannya bisa melalui aplikasi Tiket.com, banyak promo menarik di sana,” ujarnya.

Ia mengakui, sejak Maret 2020 dan setelah Nyepi tamu mulai sepi bahkan tidak ada sama sekali. Sementara sebelumnya, tamu rata-rata menginap selama 3 hari untuk asing dan 1-2 hari untuk lokal. Keunggulan villa ini, selain privat adalah aksesnya dekat kemana-mana.

Hanya 5 menit ke Seminyak Street, La Favela, dan lain sebagainya. Kemudian ke pantai juga dekat, dan shopping center juga dekat. Pihaknya pun memberikan service penjemputan gratis dari bandara ke villa. Sementara jika dari villa ke bandara, dikenakan biaya antar Rp 200 ribu.

Selain itu, villa ini juga menyediakan paket honeymoon, dengan set-up free. “Jadi kalau paket bulan madu itu, harganya Rp 5 jutaan. Stay dua malam dan diantar PP ke air port. Ini include pijat dan dinner pasangan. Kalau set-up free itu, kayak bunga di kasur dan bathup, kemudian handuk bebek,” jelasnya.

Kerjasama dengan Tiket.com, kata dia, juga untuk menggaet market domestik dan itu dilakukan sejak tahun lalu. Apalagi saat pandemi ini, sama sekali belum ada turis asing yang masuk ke Indonesia dan Bali. Sehingga difokuskan menggarap market domestik. Khususnya spesial price dengan Tiket.com.

Ia juga menjamin, protokol kesehatan diberikan di villa. Mulai dari cek suhu, cuci tangan, hingga menyediakan hand sanitizer di setiap kamar dan sudut villa. “Setiap kamar juga kami berikan imbauan tertulis, tentang protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” tegasnya. Hal ini dilakukan juga, guna mendapatkan sertifikasi penerapan CHSE dari Dinas Pariwisata Badung dan Bali.

Kamar pun, didesinfektan setelah tamu check-out dan saat tamu check-in telah clean dan aman. “Kami bersihkan hingga gagang pintu, dan setiap sudut ruangan,” tegasnya. Villa ini, juga menyediakan mitigasi room. Satu villa dikhususkan untuk mitigasi ini, apabila ada tamu yang menunjukkan gejala Covid-19 akan diisolasi di kamar tersebut. Setelah itu, pihak villa akan menghubungi rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Kamar mitigasi ini lengkap dengan kotak P3K, masker, hand sanitizer, hingga APD di lemari. “Kami berharap turis domestik, bisa datang ke Bracha Villa dan menikmati liburannya sesuai dengan protokol kesehatan,” jelasnya. Apalagi, villa yang 7 tahun berdiri ini menyediakan floating breakfast dengan beraneka menu seperti american food dan indonesian food.

Adi Pranata Kusuma, Market Executive Divisi Non Hotel Accomodation (NHA) Tiket.com Bali Area, mengamini kerjasama ini. “Bracha Villas memiliki selling point, dan dekat tempat wisata di Seminyak. Dari sisi villa juga privat, dan segmen honeymoon masuk, segmen family juga masuk, dan grup juga masuk,” jelasnya. 

Model kerjasama ini, kata dia, membantu properti untuk mengembangkan penjualannya melalui media online seperti Tiket.com. “Jadi kami membantu marketing, baik digital dan offline. Serta lebih meningkatkan penjualan properti, karena properti NHA kurang terekspose. Kami ingin mengenalkan properti budget yang bagus,” ujarnya. 

Lanjutnya, market peminat NHA juga banyak dan turis tidak hanya ingin menginap di hotel. Sehingga divisi NHA di Tiket.com, diharapkan mampu menjadi jembatan antara tamu dan akomodasi khususnya villa yang diminati. “Tentunya kami memberikan harga terbaik, dan memastikan clean dari fasilitas akomodasi yang kerjasama dengan kami. Agar turis tetap aman dan nyaman saat liburan,” imbuhnya. Ia menambahkan, sejauh ini 80 persen trafik datang dari aplikasi Tiket.com. (ask)

Caption : ask/Seorang turis lokal saat check-in di Bracha Villas Seminyak sesuai protokol kesehatan. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved