Travel Educational Camp Muncak Sari

Educational Camp di Muncak Sari, Sensasi Nge-Camp di Areal Kebun Kopi

Muncak sari menyediakan makanan dengan bahan dasar lokal untuk memberikan anda pengalaman lebih dari sekedar kemping sembari membantu ekonomi lokal

Editor: Alfonsius
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Suasana areal kemping di areal perkebunan kopi Muncak Sari, Penebel, Tabanan.(Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin) 

Laporan wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Kepopuleran Bali di mata dan telinga  wisatawan sudah tidak diragukan lagi. 

Tiap tahun jutaan pelancong baik lokal maupun mancanegara berbondong-bondong datang di Pulau yang dijuluki Pulau Para Dewa ini. 

Dari hari ke hari pemerintah daerah di Bali selalu berusaha menyiapkan daerah tujuan wisata agar semakin baik dan ramah bagi para wisatawan. 

Baca juga: The Mill Dewata Hadirkan Promo Indonesian package dan Western package

Baca juga: We Love Bali, Cegah Kluster Wisata Supir Pawiba Ikuti Rapid Tes

Baca juga: New Tourism and Living Destination, Damara Village Jimbaran Hijau Phase 1 Sold Out

Baca juga: Wisata Religi, Banyak Pejabat Datangi Pura Maospahit Tatasan 

Bali memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa yang menjadi salah satu daya tarik terbesar wisatwan asing maupun lokal. 

Tidak hanya budaya serta kearifan lokal Bali yang terkenal, tetapi juga sejumlah lokasi wisata berbau alam juga makin gencar di kembangkan. 

Misalnya ada lokasi glamping, trekking maupun snorkling yang saat ini sedang digandrungi oleh wisatwan yang berkunjung ke Bali. 

Salah satunya adalh Muncak Sai yang terletak di Kabupaten Tabanan.  

Muncak Sari - Essence of the Peak berlokasi di Desa Sangketan, Banjar Anyar Penebel, Tabanan adalah sebuah kombinasi area kemping di kebun kopi dan area khusus untuk kemah dan acara-acara khusus.

Muncak sari menyediakan makanan dengan bahan dasar lokal untuk memberikan anda pengalaman lebih dari sekedar kemping sembari membantu ekonomi lokal.

"Konsep Muncak Sari kita fokuskan jadi semacam tempat educational camp yang juga mendekatkan diri dengan alam untuk tamu yang tertarik camp disini. Mereka datang jadi tidak sekedar camping saja tetapi juga mendapatkan edukasi-edukasi seperti edukasi soal dunia kopi dan musik kedepannya akan ada panggung pertunjukan musik dan studio," ujar Komang Priatna Suardi selaku Creative Director Muncak Sari, Sabtu (24/10/2020).

"Jadi tidak hanya sekedar camping hitungannya pindah tempat tidur saja. Tapi ada kegiatan bermacam-macam edukasi seperti tentang agri kultur, pertanian, tentang musik, dan hal-hal lain yang mungkin memberikan ide inspiratif bagi teman-teman," sambungnya.

Suasana areal kemping di areal perkebunan kopi Muncak Sari, Penebel, Tabanan.(Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)
Suasana areal kemping di areal perkebunan kopi Muncak Sari, Penebel, Tabanan.(Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin) (Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)

Ia berharap dan mudah-mudahan akses jalan ke Muncak Sari mendapat atensi Pemerintah Daerah jadi pihaknya dapat lebih mengembangkan areal di Muncak Sari jadi Educational Camp dan Eco Sport.

Suasana areal kemping di areal perkebunan kopi Muncak Sari, Penebel, Tabanan (Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)
Menurutnya daerah di Desa Sangketan khususnya Banjar Anyar sangat potensial untuk dikembangkan sektor pariwisata khususnya wisata alam dan Komang yang merupakan putra daerah desa setempat mencoba mulai mengembangkannya sekarang.

Di areal ini dapat dibangun hingga 30 tenda kemping dengan lokasi di sekitar area perkebunan kopi, untuk kebutuhan mandi dan buang air kecil tamu disediakan kamar mandi umum.

"Diawal opening ini baru kita coba tawarkan paket kemah di bawah pohon kopi. Dengan tarif paket per orang Rp 100 ribu dengan fasilitas mendapatkan tenda dan sarapan pagi. Kalau ada yang mau bawa tenda kemping sendiri juga bisa nanti kita paketkan tempat dan sarapan jadi hanya Rp 50 ribu," paparnya.

Baca juga: We Love Bali, Kampanyekan CHSE di Destinasi Pariwisata Favorit

Baca juga: Di Tengah Pandemi, Garda Medika Tetap Berikan Atensi Lebih kepada Kebutuhan Para Pelanggannya

Baca juga: Uniknya Cotton Candy Di Stand Ini, Hadirkan Cotton Candy Dengan Berbagai Model Menarik

Baca juga: Trip 12 Program We Love Bali Andalkan Perpaduan Pantai dan Desa Wisata 

Namun karena lokasi masih dalam pengembangan, Muncak Sari baru buka di akhir pekan yakni hari Sabtu dan Minggu.

Jadi bagi yang ingin kemping di Muncak Sari harus melakukan pemesanan atau booking melalui www.muncaksari.com.

Lokasi Muncak Sari hanya berjarak sekira 23 kilometer dari Kota Tabanan dapat ditempuh menggunakan sepeda motor atau pun mobil.

Namun harus berhati-hati saat mulai memasuki Desa Sangketan karena jalan sedikit sempit dan bergelombang terlebih saat beberapa kilometer meter akan sampai di lokasi jalan berbatu tidak beraspal dan licin bila hujan.(*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved