Jasa Raharja Tanam Pohon, Demi Kelangsungan Alam Bali ke Depan

Dalam merayakan hari jadi Jasa Raharja ke-60, Jasa Raharja Cabang Bali melakukan kegiatan tanam pohon di Pererenan, Tabanan, (27/11/2020). Lalu Saripu

Istimewa
Suasana menanam pohon dalam rangka HUT ke-60 Jasa Raharja di Pererenan. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Dalam merayakan hari jadi Jasa Raharja ke-60, Jasa Raharja Cabang Bali melakukan kegiatan tanam pohon di Pererenan, Tabanan, (27/11/2020). Lalu Saripudin, Kepala Bagian Operasional Jasa Raharja Cabang Bali, menjelaskan kegiatan tanam pohon adalah rangkaian HUT, dan dilakukan serentak di seluruh Indonesia oleh sekitar 29 cabang Jasa Raharja.

“Meskipun kecil, meskipun sedikit, apa yang dilakukan Jasa Raharja kami harapkan bisa dirasakan manfaatnya ke depan. Dan kami berharap, nantinya kegiatan seperti ini tidak hanya selesai pada hari ini saja,” tegasnya dalam siaran pers yang diterima Tribun Bali. Ia memastikan itu dengan vendor, bahwa ada masa jaminan 6 bulan ke depan untuk melakukan pemeliharaan.

“Sehingga kami berkeyakinan, bahwa pohon yang kita tanam hari ini akan hidup sampai nanti. Di samping itu juga memang, kami sama-sama melihat bahwa pohon yang ditanam, adalah pohon yang bagus dan sudah rekomendasi dari pihak-pihak berkompeten, dengan tinggi pohonnya kurang lebih 3 meter,” sebutnya.

Untuk pemilihan tempat di Pererenan, telah dikoordinasikan dengan pihak-pihak yang dianggap kompeten. “Dan dari komunikasi itu, pilihan yang diberikan adalah Pererenan ini,” sebutnya. Ia berharap hal seperti ini akan lebih sering dilakukan ke depan, sehingga memberikan manfaat besar bagi alam Bali. Apalagi memang Bali dikenal sebagai destinasi wisata, dan basisnya dominan wisata alam.

Berkaitan dengan ulang tahun, kata dia, secara rutinitas setiap tahun memang dirayakan. Ia berharap usia yang tidak lagi muda ini, membuat pelayanan Jasa Raharja kian mantap ke masyarakat. Dan bisa selalu meningkat setiap tahunnya. “Jadi ulang tahun, kami jadikan bagian introspeksi diri juga di Jasa Raharja. Pelayanan yang sudah dilaksanakan, dan diupayakan ada terus peningkatan ke depannya,” katanya.

Terkait pandemi akibat virus Covid-19, tidak mempengaruhi pelayanan Jasa Raharja. Sebab semuanya tetap berjalan dengan baik, di masa pandemi ini. Bahkan Jasa Raharja kerap melakukan upaya jemput bola. “Kami langsung on the spot ke lapangan, dan sekarang komunikasi juga bisa lewat telepon atau WA. Karena di dalam pembayaran santunan, kan sudah memakai sistem transfer langsung sehingga tidak akan ada salah memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Kemudian dalam pengecekan ahli waris korban, Jasa Raharja bekerjasama dengan stakeholder terkait seperti Disdukcapil. Sehingga data bisa langsung dicek dari kantor, lebih cepat, efisien, dan cermat. Ia mengakui, selama masa pandemi ini kasus kecelakaan menurun karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat. Bali sebagai daerah wisata, juga mengalami dampak ekonomi karena turis internasional belum bisa masuk ke Pulau Dewata.

Banyak negara melakukan lockdown, dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19 ini. Sementara beberapa wilayah di Indonesia, melakukan PSBB. Kemudian Bali, khususnya Kota Denpasar memberlakukan PKM. Pembatasan kegiatan di Bali, membuat masyarakat lebih banyak diam di rumah. Sehingga angka kecelakaan di jalan raya menurun, dan berimbas langsung ke menurunnya pembayaran klaim Jasa Raharja.

“Pergerakan orang menurun, tentu ada pengaruhnya. Penurunan pembayaran santunan kepada korban kecelakaan sekitar 20 persen dibanding tahun lalu,” sebutnya. Penurunan ini juga berimbas kepada pendapatan Jasa Raharja, dan untuk premi menurunnya cukup signifikan mencapai 40 persen. “Untuk pembayaran santunan kami menggunakan asas domisili. Jadi dimanapun terjadi kecelakaan, semisal di Sumatera, Jawa, dan lain sebagainya. Tetapi jika ahli warisnya di Bali maka akan dibayarkan santunannya di Bali,” jelasnya. (ask)

 

ReplyForward

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved