Bali Siap Sambut Libur Natal dan Tahun Baru

Pengusaha hotel dan restoran di Badung pun sudah teruji dalam penerapan protokol kesehatan di masa pandemi ini.

Editor: Dwisuputra
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Tamu hotel saat tiba di Sthala Ubud Bali sebelum memasuki hotel dilakukan cek suhu tubuh. 

Laporan Reporter Tribun Bali: Zenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM - Ketua DPC PHRI Badung, I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawijaya, menyampaikan anggota PHRI Badung sangat siap untuk menyambut liburan Natal dan Tahun Baru khususnya wisatawan domestik.

Pengusaha hotel dan restoran di Badung pun sudah teruji dalam penerapan protokol kesehatan di masa pandemi ini.

"Kita buktikan Oktober lalu libur panjang Maulid Nabi SAW berjalan sangat baik dan tidak ada klaster baru. Artinya anggota kita sudah menerapkan protokol kesehatan dengan sangat baik,” kata Suryawijaya saat menghadiri Gathering Kepariwisataan di Kuta Selatan, Badung, Kamis (3/12/2020).

Menurutnya, pada liburan Natal dan Tahun Baru nanti akan terjadi peningkatan kunjungan wisatawan domestik ke Bali.

Baca juga: 7 Lokasi Camping di Bali: Dari Nyangnyang Beach hingga Gunung Batukaru

Ia pun menyatakan PHRI Badung sudah siap menyambut libur akhir tahun ini.

“Kami harapkan semua stakeholder pariwisata bisa menjaga implementasi protokol kesehatan dengan baik agar bisa membangun kepercayaan wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang ke Bali," imbuh Suryawijaya yang kembali menjadi pembicara dalam acara gathering ini.

Untuk diketahui, Dinas Pariwisata Badung kembali menggelar

Gathering Kepariwisataan bertajuk Implementasi Protokol Kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment) Menuju Pariwisata Kabupaten Badung Berkualitas.

Kali ini gathering digelar di Intercontinental Bali Resort, Kuta Selatan, Kamis (3/12/2020).

Kegiatan gathering digelar secara hybrid (offline dan online) dihadiri sejumlah stakeholder pariwisata Kecamatan Kuta Selatan.

Bagi peserta yang ikut secara offline atau tatap muka langsung pihak penyelenggara menerapkan protokol kesehatan ketat mulai dari 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

Seluruh peserta juga dilakukan tes cepat Covid-19 atau rapid test sebelum masuk ke ruangan kegiatan.

Hanya yang hasil rapid test non reaktif diperbolehkan memasuki ruangan dan mengikuti kegiatan acara.

Hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali I Putu Astawa, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung Cokorda Raka Darmawan, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Badung Sang Nyoman Sutena, I Ketut Jaman selaku Tim Ahli Pembangunan Provinsi Bali Bidang Pariwisata dan Ketua DPC PHRI Badung, I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawijaya.

Baca juga: Wisata Religi, Ini Kisah Mistis Cagar Budaya Candi Tebing Jukut Paku

"Gathering hari ini untuk yang kedua kali dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Badung yang dananya bersumber dari dana hibah pariwisata Kemenparekraf. Kenapa kami melakukan ini, tidak semata-mata ingin agar dana itu terserap kemudian kegiatannya dilakukan di hotel mewah setelah selesai kita pulang tidak dapat apa-apa," ujar Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Cokorda Raka Darmawan.

Ia menambahkan tujuan kegiatan ini untuk memastikan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir dan yang harus dilakukan  paling sederhana sebelum adanya vaksin adalah wajib menerapkan protokol kesehatan.

Ia menambahkan Pemkab Badung menekankan pada 5 Pillar terkait New Normal yaitu: Contactless, Cleanliness, Healthiness, Safetiness dan Extra Mile.

“Melalui Badung SIAP (Sehat, Innovatif, Adaptif dan Produktif) pembukaan kembali ekonomi sektor pariwisata di Kabupaten Badung akan dapat digulirkan dengan penuh keyakinan, mengembalikan kepercayaan pasar domestik dan internasional untuk bisa kembali seperti sedia kala.” ungkap Cok Darmawan.

Dalam sesi talkshow, Kadispar Provinsi Bali, Putu Astawa, menekankan bagaimana sekarang ini dapat berlibur dengan aman dan nyaman tentunya menerapkan protokol kesehatan.

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved