Pelaku Pariwisata di Bali Kecewa Cuti Bersama Dipangkas, Kunjungan Wisatawan Berpeluang Terdampak

Cuti bersama plus libur Natal dan Tahun Baru sebelumnya rencana diberikan selama 11 hari, 24 November 2020-3 Januari 2021.

Editor: Dwisuputra
tribun bali/dwisuputra
Suasana Obyek Wisata Penglipuran Bali 

Laporan Reporter Tribun Bali: Zaenal Nur Afrifin

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA -  Dinas Pariwisata Badung menyebut para pelaku pariwisata di Bali merasa kecewa dengan kebijakan pemerintah pusat mengurangi jumlah libur panjang atau cuti bersama akhir tahun ini.

Pengurangan cuti bersama ini berpeluang berdampak terhadap kunjungan wisatawan domestik ke Bali.

"Mereka (pelaku pariwisata) sangat kecewa kenapa yang tadinya sudah ditetapkan cuti bersama sekian hari dan cukup panjang serta sudah direncanakan. Tapi akhirnya karena liburnya diperpendek mungkin ada sekian persen mengurungkan niatnya untuk berlibur ke Bali," ujar Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Cokorda Raka Darmawan, saat menghadiri Gathering Kepariwisataan di Kuta Selatan, Badung, Kamis (3/12/2020).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan bahwa libur akhir tahun dikurangi tiga hari dari rencana semula.

Baca juga: Bali Siap Sambut Libur Natal dan Tahun Baru

Awalnya pemerintah memutuskan libur panjang sebagai pengganti cuti bersama Lebaran pada akhir tahun ini.

Cuti bersama plus libur Natal dan Tahun Baru sebelumnya rencana diberikan selama 11 hari, 24 November 2020-3 Januari 2021.

Namun karena kasus penyebaran Covid-19 di Indonesia kembali meningkat, pemerintah memutuskan menghapus cuti bersama selama tiga hari, yakni pada 28, 29, dan 30 Desember 2020.

Keputusan pemerintah memangkas cuti bersama libur akhir tahun itu berpotensi mengurangi jumlah kedatangan wisatawan domestik (wisdom) ke Pulau Dewata.

Padahal, pariwisata Bali saat ini hanya bertumpu pada wisdom menyusul belum dibukanya wisatawan mancanegara (wisman).

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved