BPD PHRI BALI

Harapkan Pariwisata dan Ekonomi Segera Pulih, Cok Ace Kembali Pimpin PHRI BPD Bali

Akhirnya Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, kembali memimpin Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Badan Pimpinan Daerah (BPD) Provinsi Ba

Anak Agung Seri Kusniarti
Suasana di sela-sela Musda PHRI BPD Bali di Ubud, Gianyar, Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Akhirnya Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, kembali memimpin Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Badan Pimpinan Daerah (BPD) Provinsi Bali. Ia resmi menjadi pemimpin PHRI BPD Bali periode 2020-2025. Wajah sumeringah tetap terpancar dari pria yang juga Wakil Gubernur Provinsi Bali ini, usai musyawarah daerah (Musda) XIV tahun 2020 PHRI BPD Bali di Ubud, Gianyar, Jumat (18/12/2020). 

Walau sumeringah, ia tetap prihatin dengan kondisi saat ini. Baik dari sisi perekonomian, maupun sisi kesehatan akibat dampak pandemi virus Covid-19. Apalagi melihat industri pariwisata Bali yang kian terseok-seok, dan masih mati suri. Cok Ace, sapaan akrabnya, berharap semoga semua kendala ini segera berakhir. Sehingga sedikit demi sedikit semuanya kembali berjalan normal. 

Cok Ace sendiri memang telah lama memimpin PHRI BPD Bali, dan berupaya agar industri pariwisata bisa kian berkualitas ke depannya. Sehingga memberikan dampak signifikan bagi Bali dan masyarakatnya. Pemilihan ini dilakukan dalam agenda musyawarah daerah (musda) XIV tahun 2020, bertemakan ‘Posisi dan Peran PHRI dalam Mengimplikasikan Nangun Sad Kerthi Lokha Bali’. 

SC Musda XIV Tahun 2020 PHRI BPD Bali, Perry Markus, menjelaskan bahwa ada syarat khusus untuk bisa menjadi ketua sesuai AD/ART yang telah ditentukan dan disepakati. Nama tunggal hingga akhir pendaftaran, tidak lain adalah Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati. Selain Cok Ace, belum ada lagi yang mendaftar sebagai calon ketua PHRI BPD Bali. “Karena sesuai ketentuan dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, bahwa untuk bakal calon harus mendaftarkan diri sesuai persyaratan. Kami dari SC mengecek syarat yang harus dilengkapi dan semuanya lengkap, lalu kami bersurat ke BPP PHRI untuk diverifikasi,” jelasnya. 

Tanggal 12 Desember 2020 sore, PHRI BPD Bali telah bersurat ke BPP PHRI dan dibalas pada 13 Desember 2020. “BPP PHRI menyatakan bahwa kelengkapan syarat dan data, dari bakal calon ketua baru yang disampaikan berkas-berkasnya sudah lengkap dan memenuhi syarat untuk musda serta pemilihan nanti,” tegasnya. Sehingga tinggal menunggu musda saja. “Jadi kita mengikuti apa saja yang sudah diputuskan sesuai AD/ART,” katanya.  

Panitia Pelaksana Musda XIV Tahun 2020 PHRI BPD Bali, Ida Bagus Sidharta Putra, menjelaskan semua surat sudah diverifikasi.

Ia menjelaskan, tidak adanya finalis lain selain Cok Ace dimungkinkan karena calon yang memenuhi kualifikasi lainnya. Sedang konsen dan fokus pada hal lain, di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia dan Bali. Apalagi kondisi ekonomi Bali yang terpuruk, sangat berdampak pada industri pariwisata khususnya perhotelan dan restoran di Pulau Dewata. Sehingga semua lebih fokus ke sana, dan bertahan sampai pandemi ini berangsur membaik dan ekonomi Bali bangkit kembali. 

“Banyak yang fokus pada usahanya, dan lain sebagainya sehingga menurunkan niat dari bakal calon lainnya untuk maju,” jelasnya. Ia juga melihat, sangat bagus PHRI mempunyai akses langsung pada pemerintah. Sehingga dirasa sosok Cok Ace sangat mewakili sinergi antara industri dan pemerintah dalam menjalankan lokomotif perekonomian. Apalagi pariwisata menjadi motor utama penggerak ekonomi di Bali. 

Sehingga ada jalur singkat, antara industri dan pengambil kebijakan ke depannya. Dalam mewujudkan cita-cita pariwisata berkualitas di Bali. “Nah akhirnya nyambung kan, ini relevansi yang kami lihat cocok,” jelasnya. Walau demikian, ke depan dipastikan dalam PHRI BPD Bali akan terjadi regenerasi. Khususnya dari generasi millenial pasti akan masuk ke dalam jajaran pengurus yang baru. Mempersiapkan tangga berikutnya, dalam mewujudkan organisasi yang baik dan sehat ke depannya. (ask)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved