Berita Bali

Bank Mantap Gandeng Coco Group, Mudahkan Pensiunan Bali Berwirausaha

Bank Mandiri Taspen (Mantap), bekerjasama dengan Coco Group untuk memacu para pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/Polri berwirausaha. Dalam h

Anak Agung Seri Kusniarti
Direktur Utama Bank Mantap berpose dengan jajaran Coco Group dan pemilik Warung Mantap Sejahtera Sri Rezeki. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Bank Mandiri Taspen (Mantap), bekerjasama dengan Coco Group untuk memacu para pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/Polri berwirausaha. Dalam hal ini para pensiunan tersebut, dapat membuka usaha toko yang menjual sembako dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Direktur Utama Bank Mantap, Elmamber P. Sinaga, mengatakan kerjasama ini penting dilakukan untuk bisa memberikan alternatif jenis usaha bagi para pensiunan. Di sisi lain Bank Mantap memberikan kemudahan baik dari sisi modal dan pelatihan, yaitu wirausaha mantap sejahtera sehingga diharapkan usaha tersebut dapat tumbuh dengan baik. 

Serta mendukung sektor mikro sebagai penopang ekonomi nasional pada umumnya, dan khususnya di wilayah Bali yang ekonominya merosot akibat pandemi Covid-19. “Bank Mantap memberikan modal usaha maksimal plafond hingga Rp 500 juta, dengan tenor dapat disesuaikan hingga para pensiunan berusia 75 tahun,” jelasnya di Gianyar, Jumat 19 Maret 2021. 

Lanjutnya, atau para pensiunan dapat menabung sebesar Rp 180 juta dengan deposit selama 60 bulan. Bank Mantap memberikan paket gratis dan benefit untuk modal toko tersebut. Di saat yang sama, Chief Financial Officer (CFO) Bank Mantap, Fajar Ari Setiawan, menambahkan dalam kerjasama dengan Coco Group ini, Bank Mantap menawarkan dua paket yaitu Paket Silver dan Paket Gold. 

Paket Silver senilai Rp 35 Juta menawarkan 500 item dan perangkat/peralatan toko. Dengan luas toko 3X4 M2, sedangkan untuk Paket Gold dengan nilai Rp 50 Juta. Maka para nasabah mendapatkan 700 item dagangan, dengan luas toko 3X5 M2 serta peralatan-peralatan penunjang toko.

“Untuk di luar wilayah Bali, Bank Mantap sudah bekerjasama dengan Toko Mandiri Indogrosir (TMI) yang memiliki dukungan jaringan Indogrosir di 25 hub Indogrosir yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Diharapkan kerjasama dengan Coco Group dapat meningkatkan pensiunan PNS dan TNI/Polri berwirausaha di wilayah Bali,” tutur Fajar.

Sekadar informasi, Bank Mantap merupakan bentuk sinergi untuk negeri dari 2 BUMN yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Taspen (Persero). Yang sebelumnya bernama Bank Sinar Harapan Bali dan secara resmi berganti nama menjadi Bank Mandiri Taspen per 23 Desember 2017. Seiring keluarnya izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penggunaan nama baru tersebut.

Sampai akhir Februari 2021, total aset yang dimiliki Bank Mantap di posisi Rp 36,43 triliun atau tumbuh sekitar 32,9 persen. Sedangkan posisi Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp 28,76 triliun atau tumbuh sampai dengan 39,8 persen, untuk penyaluran kredit berkisar Rp 26,80 triliun atau meningkat sampai 26,1 persen. 

Sedangkan laba bersih yang dihasilkan sebesar Rp 103,5 miliar atau naik sampai dengan 29,2 persen, dari periode tahun sebelumnya. Saat ini Bank Mantap mempunyai jaringan kantor sebanyak 427 jaringan yang tersebar di 34 provinsi. (ask)

Sumber: Tribun Bali

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved