Koperasi Sahabat Kaori Jaya, Berikan Kemudahan Pembiayaan dan Penyediaan Kebutuhan Pokok

Ni Kadek Winie Kaori, Direktur Utama Kaori Group, akhirnya mewujudkan cita-citanya untuk menciptakan sebuah koperasi. “Sebenarnya sudah 5 tahun yang l

Anak Agung Seri Kusniarti
Koperasi Sahabat Kaori Jaya, Berikan Kemudahan Pembiayaan dan Penyediaan Kebutuhan Pokok. 

 

GIANYAR, TRIBUN BALI – Ni Kadek Winie Kaori, Direktur Utama Kaori Group, akhirnya mewujudkan cita-citanya untuk menciptakan sebuah koperasi. “Sebenarnya sudah 5 tahun yang lalu koperasi ini ada, awalnya ini adalah koperasi karyawan dan kami belum publish keluar. Kini di tanggal 21 September 2021, kami lengkapi persyaratan dan akta notaris sehingga resmi menjadi Koperasi Pemasaran Sahabat Kaori Jaya,” sebutnya di Gianyar.

Anggotanya boleh masyarakat Bali dan Nusantara, tidak hanya karyawan Kaori saja. Cita-citanya ingin memasarkan produk-produk lokal dari koperasi dan menggandeng UMKM. Apalagi jika UMKM tersebut memang memiliki produk unik dan bagus. “Kami juga membantu pemasaran, sekaligus pembiayaan (permodalan),” imbuhnya. Rekanan dan agen-agen dan pelanggan Kaori pun, ke depannya akan dijadikan anggota koperasi.

“Kalau sebelumnya kan sebatas karyawan saja, sekarang kami ingin memperluas keanggotaan,” imbuhnya. Kaori menyebutkan, koperasi pemasaran ini dibuat juga untuk membantu pengusaha dan UMKM yang memiliki produk namun mengalami kendala pemasaran. Maka pihaknya siap membantu. Bahkan sampai memasarkan ke luar negeri (ekspor-impor) bersama patner Kaori, selama bisa memenuhi kualitas dan kriteria.

“Harapan kami ke depan, koperasi ini sebagai wadah yang bisa membantu masyarakat menciptakan peluang-peluang di musim pandemi. Ayok yang mau dibantu pemasaran, permodalan, ada yang mau nabung, kredit dan lainnya bisa di sini,” sebut Kaori.

Hal ini diamini I Gde Aditya Sudibya, Ketua I Koperasi Sahabat Kaori Jaya. Walau saat ini, anggota koperasi baru sekitar 89-90an. Namun ke depan, ekspansi akan terus dilakukan untuk mendapatkan nasabah dari luar Kaori Group bahkan dari kancah nasional. “Apalagi kami sudah mengantongi izin dari provinsi, sehingga kami bisa mencari nasabah di luar Gianyar,” sebutnya.

Koperasi ini, adalah koperasi pemasaran yang nantinya juga bergerak ke dalam koperasi sinpam-pinjam. Target ke depan, kata dia, bisa memberikan warna baru perekonomian Bali dengan memberikan kontribusi penyaluran kredit dan penempatan dana baik tabungan, deposito, dengan bunga yang menarik.

Sehingga orang dan pelaku UMKM lebih tergerak, karena saat pandemi ini mereka membutuhkan bantuan dana untuk menggerakkan UMKM lagi. “Satu sisi lain, masih banyak dana di market yang belum mendapatkan potensi bunga maksimal, jadi kami ingin menggarapnya,” sebut banker ini.

Targetnya ke depan, koperasi ini selain menyasar market ritel atau perorangan, juga akan menyasar segmen corporate atau perusahaan bahkan WNA. “Yang membedakan kami dengan koperasi lainnya adalah varian produk, service yang cepat dan bunga menarik,” sebutnya. Semisal deposito bunganya antara 4-8 persen, dan suku bunga kredit masih bisa dinegosiasikan.

Dengan berbagai keunggulan ini, rasanya 500 member sampai akhir tahun akan bisa ia capai. Apalagi saat ini agen Kaori Group juga cukup banyak di berbagai belahan wilayah Bali. Belum lagi koperasi ini akan terintegrasi dengan Kaori Mobile. Suatu aplikasi yang memudahkan segala transaksi. “Jadi mulai dari penempatan deposito, pembukaan rekening, bisa dilakukan secara online. Sehingga mempermudah situasi nasabah, apalagi di tengah pandemi kesibukannya,” ujarnya.

Sehingga nasabah yang tidak bisa datang ke koperasi, dan tidak bisa bertatap muka dengan petugas koperasi bisa dilakukan secara online dengan aplikasi dan virtual account. “Lalu Kaori Mobile sendiri nanti akan ada, fitur pembayaran PLN, Dana, Ovo, Gopay yang semuanya bisa terintegrasi dalam satu aplikasi satu genggaman saja, dan pembelian barang-barang di Kaori juga bisa,” ucapnya.

Semisal nasabah ingin membeli dupa, membeli minyak, air, dan beras, bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan tabungan di koperasi dan langsung dipotong di sana. Sehingga hanya dengan satu genggaman saja, semua bisa dilakukan lewat handphone. “Saat ini kita develop program itu, dan ke depan semoga bisa aplikasi Kaori Mobile yang terintegrasi dengan koperasi Kaori ini segera terealisasi,” katanya. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved