Berita Ekbis

Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional, Bank BJB Siap Perkuat Digitalisasi Sambut 2022

Sepanjang 2021, geliat ekonomi nasional mulai menunjukan tren positif. Pertumbuhan mulai kembali tercatat di berbagai sektor, menjadi penanda roda eko

Istimewa
Suasana gathering media bersama Bank BJB, menjelaskan kinerja positif Bank BJB selama 2021. 

 

DENPASAR, TRIBUN BALI - Sepanjang 2021, geliat ekonomi nasional mulai menunjukan tren positif. Pertumbuhan mulai kembali tercatat di berbagai sektor, menjadi penanda roda ekonomi nasional mulai kembali berputar.

Di tahun ini pun, bisnis Bank BJB mengalami pertumbuhan di setiap kuartalnya. Sebagai bagian dari aktor pendorong pemulihan ekonomi nasional, Bank BJB siap menyambut positif kebangkitan ekonomi dengan optimistis. 

Direktur Utama Bank BJB, Yuddy Renaldi, mengatakan gerak pemulihan ekonomi dan kehidupan sosial yang terjadi secara gradual, adalah angin segar yang patut disyukuri. "Bank BJB melalui segenap kapasitas yang dimilikinya, akan terus mendorong upaya akselerasi kebangkitan ekonomi Indonesia," sebutnya dalam siaran pers yang diterima Tribun Bali, Sabtu 13 November 2021.

Bank BJB, kata dia, juga senantiasa berkomitmen menghadirkan rangkaian inovasi bisnis untuk mengakselerasi tren pertumbuhan bisnis, sekaligus mengawal kebangkitan ekonomi Indonesia. Sepanjang 2021, Bank BJB berhasil menorehkan kinerja impresif. Hal tersebut tercermin dari total kredit perbankan yang tumbuh 6,9 persen year-on-year menjadi Rp95,1 triliun dengan tingkat resiko yang terjaga.

Selain itu, Bank BJB juga mengalami kenaikan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 7,8 persen year on year menjadi Rp124,4 triliun. Hal tersebut didorong tingkat kepercayaan masyarakat yang besar, untuk menyimpan dananya di Bank BJB, yang terlihat dari peningkatan tabungan sebesar 5,4 persen year on year dan deposito sebesar 12,9 persen year on year.

Dengan angka pertumbuhan kredit dan DPK tersebut, total aset Bank BJB tumbuh sebesar 7,9 persen year on year menjadi Rp Rp159,2 triliun. Sedangkan laba bersih perusahaan mencapai Rp1,4 triliun, tumbuh positif 17,5 persen year on year."Kualitas kredit Bank BJB juga terjaga dan terkelola dengan baik, di mana rasio NPL turun menjadi 1,3 persen," sebutnya.

Angka ini lebih baik dibandingkan rata-rata NPL industri perbankan nasional, yang berada di angka 2,9 persen hingga Agustus 2021. Yuddy, sapaan akrabnya, melanjutkan bahwa kinerja positif Bank BJB sepanjang tahun 2021 ini, dibuktikan pula dengan berbagai apresiasi dan penghargaan. Tercatat hingga November 2021, Bank BJB telah mendapatkan 36 penghaargaan.

Penghargaan pertama pada tahun ini, diraih pada Januari dari Warta Ekonomi. Bank BJB didaulat sebagai The Best Public Relations in Company Strategy on Coordinated Management System to Stakeholders Caegory : Regional Bank. Sedangkan yang teranyar, Bank BJB mendapat penghargaan sebagai perusahaan dengan Apresiasi Rating "Leadership AA" dalam ajang ESG (Environmental Social Governance) Awards 2021 yang digelar oleh majalah Investor pada Oktober 2021.

Penghargaan prestisius lainnya, diraih oleh Direktur Utama Bank BJB, Yuddy Renaldi, sebagai Infobank The Best CEO Series 2021 pada bulan September. Dalam sambutannya, Yuddy Renaldi, mengucapkan syukur dan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan oleh Infobank kepada dirinya dan Bank BJB. Ia mengatakan pencapaian ini, adalah apresiasi yang diperoleh berkat kerja keras seluruh insan perusahaan.

Menurutnya prestasi ini, tidak bisa dilepaskan dari catatan-catatan positif Bank BJB dalam mempertahankan bahkan terus mendongkrak performa usahanya di tengah pandemi."Di tengah pandemi yang membuat banyak perusahaan besar tumbang, kami bersyukur dapat terus bertumbuh positif. Ini adalah bukti nyata kerja keras Bank BJB sebagai perusahaan yang tangguh, fleksibel, dan adaptif dalam menghadapi berbagai tantangan," jelasnya.

Yuddy Renaldi juga terpilih Indonesia Best CEO Awards Employees Choice, dalam THE ICONOMICS Indonesia BEST CEO Awards Employees Choice 2021 yang digelar pada Juli. Dalam industri perbankan, pengembangan sumber daya manusia (SDM) merupakan aspek penting untuk menciptakan industri yang sehat dan maju. Industri perbankan diukur melalui kualitas layanan kepada nasabah yang akan memengaruhi reputasi bank bersangkutan.

Dari segi human capital ini, Bank BJB kembali membuktikan sebagai bank dengan pengeloaan SDM terbaik di Tanah Air. Hal itu dibuktikan dengan memborong empat penghargaan sekaligus di even bergengsi penghargaan Indonesia Human Capital Award (IHCA) VII- 2021 yang digelar oleh Majalah Economic Review.

Dalam award tersebut, Bank BJB meraih pengharhaan sebagai IHCA 1st Best Indonesia Human Capital 2021, IHCA 2nd The Best of The Best Indonesia Human Capital 2021, IHCA Tedi Setiawan The Best Indonesia Human Capital Director 2021, dan IHCA The Best Indonesia Human Capital of The Year 2021.

Selain berhasil menunjukkan kinerja yang impresif, serta mendapat berbagai penghargaan, Bank BJB tak pernah berhenti melakukan penguatan digitalisasi dan melahirkan produk baru digital. Dalam rangka mengoptimalkan layanan digital kepada masyarakat, dan pemerintah daerah yang bertujuan mendukung inklusi keuangan. Pada tahun 2021 ini, Bank BJB meluncurkan sejumlah inovasi baru terkait pembayaran digital.

Beberapa di antaranya adalah fitur new DIGI dan DigiCash by Bank BJB, serta peresmian kolaborasi dengan fintech e-commerce yang diberi nama E-pays. New digital payments ini, memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Bank BJB melalui uang elektronik DigiCash by bank bjb dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan transaksi digital.

"Bank BJB menyatakan komitmennya, untuk terus melakukan berbagai inovasi teknologi sesuai dengan kapasitas sebagai lembaga jasa keuangan. Dengan semangat untuk terus bertransformasi dan berinovasi menjadi penggerak dalam berkontribusi menghadirkan kemajuan di seluruh penjuru negeri," tegasnya.

Yuddy Renaldi mengatakan, inovasi dan kolaborasi merupakan kunci dalam memenangkan persaingan ke depan. Oleh karenanya dukungan layanan digital terus dioptimalkan. Dukungan yang sudah dilakukan, di antaranya berkolaborasi bersama Bank Indonesia dalam Tim Percepatan Digitalisasi Daerah (TP2DD) untuk literasi pembayaran dan penerimaan daerah berbasis digital.

Selain itu, kemudahan pembayaran melalui layanan digital Bank BJB berupa mobile banking, QRIS, uang elektronik, virtual account, internet banking corporate, agen laku pandai, serta produk-produk lainnya. Dengan kinerja impresif yang ditandai dengan pertumbuhan dan berbagai penghargaan, serta penguatan digitalisasi dan inovasi, Bank BJB optimistis bisa konsisten mempertahankan kinerja positif di tahun 2022.(*)

 

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved