Perlindungan Penumpang, Jasa Raharja Kerjasama Dengan Pelindo Bali-Nusra

PT Jasa Raharja melakukan kerjasama dengan PT Pelindo III Regional Bali-Nusa Tenggara (Nusra), dalam hal perlindungan bagi penumpang kapal laut. Kerja

Istimewa
Perlindungan Penumpang, Jasa Raharja Kerjasama Dengan Pelindo Bali-Nusra. 

 

DENPASAR, TRIBUN BALI – PT Jasa Raharja melakukan kerjasama dengan PT Pelindo III Regional Bali-Nusa Tenggara (Nusra), dalam hal perlindungan bagi penumpang kapal laut. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama, pada  24 Desember 2021, di kantor Pelindo, Benoa, Denpasar. Sinergi dan kolaborasi dua BUMN ini, sebagai bukti nyata optimalisasi pelayanan publik dan perlindungan masyarakat khususnya saat berlalu-lintas di laut dengan kapal laut.

Munadi Herlambang Direktur Hubungan Kelembagaan PT Jasa Raharja (JR), menjelaskan bahwa fungsi utama JR, adalah untuk melindungi penumpang. “Jadi kita ingin mengembangkan coverage, untuk melindungi penumpang maupun masyarakat Indonesia dalam hal perlindungan dasar, sehingga apa yang kta kerjasamakan dengan Pelindo ini. Tentunya akan menambah layanan Pelindo untuk mengasuransikan serta melindungi penumpang kapal laut,” jelasnya.

Tak hanya penumpang, perlindungan juga bisa untuk item barang dan komoditi yang keluar-masuk pelabuhan di wilayah Pelindo Bali-Nusra. “Seperti kita ketahui bersama, bahwa saat ini, BUMN-BUMN dituntut untuk berkolaborasi dan memanfaatkan peluang yang ada. Kolaborasi ini, bisa dilakukan baik dengan sesama BUMN, maupun pihak lain yang diharapkan mampu memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak,” sebutnya.

PT Jasa Raharja dan PT Pelindo III, mampu mengidentifikasi bahwa terdapat peluang berkolaborasi dalam pelaksanaan tugas dan pelayanan publik. Salah satunya memberikan kepastian keterjaminan kepada para penumpang angkutan, dan tanggung jawab terhadap pihak ketiga atas terjadinya kecelakaan. Dengan semangat sama, memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, terutama di lingkungan operasional PT Pelindo Regional Bali-Nusra.

“Dapat saya sampaikan juga, bahwa tujuan kesepakatan bersama ini adalah untuk memudahkan komunikasi dalam pelaksanaan tugas dan pelayanan publik di lingkungan operasional PT Pelindo Bali Nusra,” imbuhnya. Sementara di sisi lain, Jasa Raharja dapat meningkatkan koordinasi kepastian keterjaminan kepada para penumpang angkutan umum atas terjadinya kecelakaan yang terjadi di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia Regional Bali-Nusra secara terpadu.

“Bukan hanya itu, dengan koordinasi yang lebih baik memungkinkan untuk menjalin kerjasama yang lebih bersifat teknis lainnya, jika diperlukan pada masa mendatang,” imbuhnya. Adapun manfaat atas kolaborasi yang tertuang dalam kesepakatan bersama ini, kata dia, yaitu kemudahan dalam mendapatkan informasi dan data (data operator, dermaga, jumlah penumpang). Hal ini sesuai dengan ruang lingkup tugas Jasa Raharja dan Pelindo, baik secara offline maupun online.

“Pelindo sebagai pengelola kawasan pelabuhan, diharapkan dapat mendorong operator untuk mematuhi aturan keselamatan termasuk pembayaran iuran wajib dan sumbangan wajib, dukungan terhadap safety campaign, sustainable development goals, dan pemeringkatan Jasa Raharja untuk moda transportasi,” jelasnya.  Manfaat lain yaitu diharapkan, adanya tindak lanjut kerjasama penjualan produk Jasaraharja Putera untuk mitra-mitra yang bekerjasama dengan Pelindo di area pelabuhan.

“Kami berharap dengan adanya sinergi dan kolaborasi ini, membawa keberkahan dalam rangka memberikan layanan terbaik kepada masyarakat Indonesia,” tegasnya. Kerjasama dan kolaborasi ini juga meyakinkan dan memberi kenyamanan kepada masyarakat, bahwa kegiatan dari masyarakat dalam berlalu-lintas bisa terlindungi dengan perlindungan dasar. Khususnya apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan dan bahkan hingga meninggal dunia saat berlalu-lintas.

Ia berharap kerjasama ini bisa berjalan efektif, per 1 Januari 2022. Kerjasama dengan Pelindo Bali-Nusra adalah kerjasama pertama kali JR dan Pelindo. Harapannya ke depan, akan ada perjanjian mutualisme lainnya diantara kedua BUMN ini. Apalagi khusus Bali, adalah benchmark dari pariwisata nasional yang memang telah tersohor di dunia. “Dalam masih masa pandemi ini, kami terus berbenah dan memperbaiki apa yang perlu diperbaiki. Melihat peluang kerjasama sehingga begitu peak season, semua sudah tercoverage dengan baik,” tegasnya.

General Manager PT Pelabuhan III (Persero) Regional Bali-Nusra, Ali Sodikin, sangat senang dengan kerjasama ini. Baginya kerjasama ini akan membawa keuntungan bagi kedua belah pihak, sekaligus perlindungan bagi masyarakat pengguna jasa kepelabuhanan. “Kolaborasi dan kerjasama Pelindo dengan JR ini, adalah dalam bidang public service dan saling menunjang satu dengan lain,” jelasnya. Outputnya pengguna jasa Pelindo III, yang ada di pelabuhan bisa mendapatkan kenyamanan karena ada coverage dari Jasa Raharja. “Ini adalah salah satu bentuk komitmen Jasa Raharja dan PT Pelindo III, bahwa kita sangat peduli pada pelayanan pulibk service khususnya di Bali-Nusra,” sebutnya. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved