Jus Bekul, Atasi Insomnia Hingga Bantu Cepat Hamil

Tak banyak yang tahu buah bekul atau buah bidara, memiliki banyak khasiat luar biasa. Hal ini disampaikan oleh Made Kananjaya, seorang pembuat jus bek

Anak Agung Seri Kusniarti
Made Kananjaya saat membuat jus bekul di Serangan, Denpasar, Bali. 

 

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Tak banyak yang tahu buah bekul atau buah bidara, memiliki banyak khasiat luar biasa. Hal ini disampaikan oleh Made Kananjaya, seorang pembuat jus bekul dari Serangan, Denpasar. 

Pria paro baya ini menjelaskan, beberapa khasiat meminum jus bekul ini. "Jadi pelanggan saya juga ada yang dokter dan paramedis, mereka mengatakan bahwa jus ini memang bagus untuk tubuh,"sebutnya kepada Tribun Bali di Denpasar baru-baru ini. 

Beberapa khasiatnya, antara lain adalah untuk membantu penderita insomnia agar bisa terlelap. Kemudian bisa juga untuk penderita stroke, bahkan bisa untuk anti kanker. Uniknya lagi, jus bekul ini bisa membantu bagi yang ingin cepat memiliki momongan. 

Hal ini dibuktikan, oleh anaknya sendiri bernama Ayu Linda. Wanita berusia 24 tahun ini, mengisahkan bahwa setelah ia menikah selama 10 bulan belum juga dikaruniai momongan. Alhasil ia dan sang suami bertanya ke berbagai pengobatan, baik medis hingga alternatif seperti ke balian. 

Ayu mengaku, bahwa ada seorang balian yang memvonis ia akan sulit memiliki anak, karena kandungannya panas. Ia sempat patah arang, namun tidak kehilangan semangatnya. Sebab sang ayah, Made Kananjaya, mendapat pawisik agar Ayu meminum jus bekul. 

Made Kananjaya pun mengolah buah bekul, dan dijadikan jus untuk diminum anaknya. Tak dinyana, tiga bulan kemudian Ayu telat datang bulan. Bahkan kini ia telah memiliki tiga orang putra dan putri. Ayu tampak sangat bahagia dan lega, karena pawisik itu membantu dirinya. 

"Ternyata memang jus bekul ini, bisa juga membantu sperma agar sehat," kata Made Kananjaya. Sebab selain diminum oleh Ayu, jus bekul buatannya juga diminum oleh sang menantu. Tak hanya memiliki khasiat bagi tubuh, pohon bekul pun menurut kepercayaan Jawa dipercayai menolak bala. "Ada banyak teman dari Jawa mencari pohon bekul ini, karena menurut kepercayaan Jawa kuno pohon bidara adalah penolak bala," jelasnya. 

Made pun menanam kembali biji buah bekul ini, agar pohonnya bisa terus tumbuh setelah buahnya dipetik. Untuk proses pembuatan jus, kata dia, adalah dari buah yang sudah dipetik kemudian dibersihkan dahulu dan dicuci. Daging dan kulit buah dipotong, lalu direbus selama tiga sampai empat jam. Setelah itu ditunggu sampai mengental baru disaring. 

Hasil tersebut kemudian didinginkan, dan setelah beberapa waktu ia campurkan sedikit gula agar ada rasa manisnya. Sebab buah bekul ini, jika belum diolah rasanya agak masam atau kecut. Walaupun menurut Made, ada juga buah bekul yang rasanya memang manis. 

Lalu setelah semua proses selesai, ia memasukkan jus buah bekul ke dalam wadah botol dan dijual dengan harga Rp 75 ribu per botolnya. "Kalau mau jus bekul, bisa membeli ke warung anak saya namanya Warung Kubu Seafood di depan SMA 11 Denpasar. Atau ke rumah, di jalan Tukad Penataran Gang Gurita nomor 1 Serangan," sebutnya. 

Sudah sejak dua tahun lalu, ia membuat dan menjajakan jus bekul ini. Awalnya Made Kananjaya, bekerja sebagai pengrajin limbah kerang. Namun karena Covid-19, ia pun membantu anaknya di warung makan dan mulai mengolah buah bekul menjadi jus dengan kaya manfaat. "Bahkan jus ini bisa tahan sampai 6 bulan, jika disimpan di dalam kulkas," imbuhnya. 

Meminumnya hanya cukup satu sendok makan per hari untuk menjaga kesehatan. Kalau untuk promil, bisa meminumnya tiga sendok makan tiga kali sehari. Sejauh ini, ada saja yang datang membeli jus bekul, paling banyak laku empat botol dalam sehari. Dan biasanya bisa laku 1-2 botol. Selain untuk jus, buahnya juga dijual untuk rujak. Apabila sedang musimnya, harga buah bekul dibanderol Rp 15 ribu per Kilogram. Namun jika tidak musim maka harga buahnya Rp 20 ribu per Kilogram.  (*)

 

 

 

 

 

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved